Kompetensi

E-mail Print PDF

Tujuan Program Studi S1 Akuntansi adalah menghasilkan lulusan yang :

  1. Memiliki kompetensi tinggi dan berkualitas yang mampu bersaing di bidang akuntansi
  2. Mampu menerapkan ilmu akuntansi dalam praktek di bidang profesi akuntan dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Mampu bersikap profesional dan beretika dalam bekerja.

Karena pada program studi sarjana strata 1 (S1) Jurusan Akuntansi terdapat tiga bidang peminatan, maka tujuan program studi diterjemahkan lagi ke dalam tujuan untuk masing-masing bidang peminatan sebagai berikut :

  1. Tujuan bidang peminatan akuntansi keuangan
    Peminatan ini dikembangkan bagi mahasiswa yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai konsep dan teknik-teknik akuntansi keuangan sebagai bidang utamanya. Dengan demikian tujuan bidang peminatan akuntansi keuangan adalah menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan yang mendalam dan pemahaman yang kuat di bidang akuntansi keuangan, khususnya audit baik internal maupun eksternal, akuntansi sektor publik dan sektor privat.
  2. Tujuan bidang peminatan akuntansi manajemen
    Peminatan ini dikembangkan bagi mahasiswa yang ingin memperdalam pengetahuan dan pemahaman yang kuat mengenai peran akuntansi manajemen untuk pengambilan keputusan dengan mempelajari teknik-teknik pengendalian dan perencanaan biaya baik yang tradisional maupun kontemporer serta menjelaskan bagaimana pengaruh perubahan lingkungan regional dan internasional pada organisasi bisnis.
  3. Tujuan bidang peminatan sistem informasi
    Peminatan ini dikembangkan bagi mahasiswa yang ingin memperdalam pengetahuannya mengenai proses kerja dan cara menyusun sistem akuntansi dan sistem informasi akuntansi yang berbasis komputer. Dengan demikian tujuan bidang peminatan sistem informasi adalah menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan yang mendalam dan pemahaman yang kuat mengenai konsep dan prinsip-prinsip akuntansi, juga ilmu pengetahuan yang terkait dengan komputer seperti perancangan dan analisis sistem dan disain sistem informasi, sistem database.
 
You are here: