Visi & Misi

E-mail Print PDF

Visi

Menjadi program studi unggulan di bidang pendidikan dan riset akuntansi yang memiliki reputasi di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Misi

  1. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang akuntansi yang berkualitas, profesional dan beretika guna menghasilkan lulusan yang mampu bersaing, kompeten dan beretika.
  2. Menyelenggarakan Ttridarma Perguruan Tinggi di bidang akuntansi yang dapat memberikan kontribusi kepada stakeholder.
  3. Menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi di bidang akuntansi yang memiliki reputasi di Asia Tenggara.
  4. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang baik (good governance) untuk menciptakan suasana akademik yang sehat, dinamis, ramah dan bersahabat.

Tujuan

Dihasilkannya lulusan yang :

  1. Memiliki kompetensi tinggi dan berkualitas yang mampu bersaing di bidang akuntansi.
    • Mampu menerapkan ilmu akuntansi dalam praktek di bidang profesi akuntan dan pengabdian kepada masyarakat.
    • Mampu bersikap profesional dan beretika dalam bekerja.
    • Dihasilkannya Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang akuntansi yang memberikan kontribusi bagi stakeholder.
  2. Dihasilkannya Tridarma Perguruan Tinggi yang berkualitas dan memiliki reputasi di Asia Tenggara.
  3. Dihasilkannya tatakelola prodi yang baik sehingga tercipta suasana akademik yang sehat, dinamis, ramah dan bersahabat.

 

Pernyataan Visi terkait dengan Unggulan di bidang pendidikan adalah upaya yang dilakukan program studi sarjana akuntansi dengan melaksanakan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan keterserapan lulusan. Peningkatan keterserapan lulusan di tingkat nasional pada Program Studi Sarjana Akuntansi dicapai dengan langkah-langkah sebagai sebagai berikut:

  1. Bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia dalam pelaksanaan sertifikasi keahlian akuntansi dasar bagi seluruh mahasiswa prodi Sarjana Akuntansi.
  2. Bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Internal Auditor (YPIA) dalam pelaksanaan sertifikasi Internal Auditor Tingkat Dasar bagi mahasiswa prodi Sarjana Akuntansi.
  3. Melanjutkan kerjasama dengan SAP Edugate dalam pelaksanaan sertifikasi SAP Fundamental dan SAP Financial bagi seluruh mahasiswa prodi Sarjana Akuntansi.

Pernyataan Visi terkait dengan Unggulan di bidang penelitian adalah dalam bentuk kerjasama Internasional dan kerjasama publikasi riset dengan berbagai universitas di luar negeri, kolaborasi penelitian dosen dengan peneliti luar negeri/ badan usaha luar negeri, dan penyelenggaraan konferensi. Pernyataan Visi terkait dengan Unggulan di bidang penelitian telah dicapai oleh dosen berupa:

  1. Penyelenggaraan International Conference on Business and Banking (ICBB) setiap 2 tahun sekali bersama dengan Universitas di luar negeri. ICBB pertama diselenggarakan pada tahun 2010 dan bekerjasama dengan Universitas Sains Malaysia, yang kegiatannya bertempat di Surabaya. ICBB kedua diselenggarakan pada tahun 2012, bekerjasama dengan Universitas Sains Malaysia bertempat di Bali. ICBB ketiga diselenggarakan tahun 2014, bekerjasama dengan Universitas Sri Patum di Thailand. ICBB keempat yang rencananya diselenggarakan pada tahun 2016, dan bekerjasama dengan Hoasen University di Vietnam yang akan diselenggarakan di Mataram, Nusa Tenggara Barat.
  2. Tiga publikasi pada jurnal internasional oleh dosen Program Studi Sarjana Akuntansi yang terindeks scopus yaitu: International Journal of Business Information Systems yang terindeks scopus dengan H-Index 12, International Journal of Entrepreneurship and Small Business yang terindeks scopus dengan H-Index 7 dan Gadjah Mada International Journal of Business yang terindeks scopus dengan H-Index 0.
  3. Perolehan insentif jurnal internasional dari Dikti atas nama Dr. Sasongko Budisusetyo, M.Si. pada tahun 2012 dan Dr. Luciana Spica Almilia, M.Si. pada tahun 2014.
  4. Perolehan insentif Penulisan Buku Ajar atas nama Prof. R. Wilopo pada tahun 2013 dan Dr. Luciana Spica Almilia, M.Si. pada tahun 2014.
  5. Perolehan insentif bantuan seminar luar negeri dari Dikti yaitu ‘Vrije' University of Amsterdam, Belanda (Tahun 2012) dan Melbourne, Australia (Tahun 2013).
  6. Perolehan hibah penelitian dari Dikti untuk hibah Fundamental, hibah Bersaing dan Hibah Strategis Nasional yang mengalami peningkatan dari Dikti yaitu tahun 2011 sebanyak 5 penelitian, tahun 2012 sebanyak 10 penelitian dan tahun 2013 sebanyak 10 penelitian.

Pernyataan Visi terkait dengan Unggulan di bidang pengabdian masyarakat telah dicapai oleh dosen berupa:

  1. Perolehan hibah pengabdian masyarakat dari Dikti yang mengalami peningkatan dari Dikti yaitu tahun 2011 sebanyak 2 kegiatan pengabdian, tahun 2012 sebanyak 5 kegiatan pengabdian dan tahun 2013 sebanyak 6 kegiatan pengadian.
  2. Keterlibatan 2 dosen (Lutfi, S.E., M.Fin dan Prof. R. Wilopo, CFA) sebagai komite pemantau risiko dan komite audit di sektor perbankan.
  3. Keterlibatan beberapa dosen sebagai pembicara baik pada seminar nasional maupun internasional.
 
You are here: